IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS II SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA
NANI ASTUTININGSIH. Impementasi Kurikulum 2013 di Kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda. Pembimbing I Ibu Prof. Dr. Hj. Zaenab Hanim, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Prof. Dr. H. Moh. Siddik, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran Kurikulum 2013 kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda, (2) mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda, (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang ditemui guru dalam melaksanakan implementasi Kurikulum 2013 kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda, (4) mendeskripsikan solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatandalam pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian kualitatif ini adalah berupa katakata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, menggunakan metode wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi dan catatan lapangan. Tehnik analisis data yaitu analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek Implementasi meliputi perencanaan, proses pembelajaran di sekolah, dan kegiatan monitoring dan evaluasi.
Evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Samarinda perlu diawali dengan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Pembahasan: Hambatanhambatan yang menjadi kendala guru kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda pada pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah pada penilaian autentik yang terdiri dari 4 aspek yaitu aspek sosial, aspek spiritual, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Solusi dalam menghadapi hambatan dalam Implementasi Kurikulum 2013 yaitu (1) mengikutkan guru-guru dalam workshop-workshop tentang Kurikulum 2013, (2) melengkapi sarana/prasaran, (3) mengadakan evaluasi setiap 1 semester, (4) membentuk tim khusus pengembang Kurikulum 2013, (5) rutin melakukan supervisi guru. Kesimpulan: Pelaksanaan Kurikulum 2013 kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda sudah berlangsung baik.
Kata Kunci: Implementasi, Evaluasi, Hambatan pelaksanaan, Solusi hambatan Kurikulum 2013.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS II SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | NANI ASTUTININGSIH - Personal Name |
No. Panggil | TESIS NAN i 2020 |
Subyek | Solusi hambatan Kurikulum 2013 Implementasi, Evaluasi, Hambatan pelaksanaan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY