Detail Cantuman Kembali
Nani Wijayanti - Personal Name

Fungsi dan Dampak Mitos pada Cerita Rakyat Kembar Buaya terhadap Masyarakat di Longkali Kabupaten Paser: Kajian Folklor

Wijayanti, Nani. 2020. Fungsi dan Dampak Mitos Pada Cerita Rakyat Kebar Buaya Terhadap Masyarakat di Longkali Kabupaten Paser: Kajian Folklor. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Dr. Mursalim, M.Hum.; Pembimbing II: Dahri D., S.S., M.Hum.
Kata Kunci: fungsi mitos, dampak mitos, folklor
Cerita rakyat Kembar Buaya merupakan salah satu warisan budaya masyarakat Suku Paser, cerita rakyat ini memiliki mitos yang berkembang dimasyarakat hingga saat ini, yang dengan adanya mitos-mitos tersebut juga meninggalkan dampak-dampak bagi pelanggarnya. Karena kurangnya minat dan keingintahuan masyarakat mengenai cerita rakyat beserta mitos tersebut membuat fungsi mitos semakin tidak terlihat bagi masyarakat Suku Paser.
sungguh sangat disayangkan jika sebagai masyarakat yang tinggal dilingkungan masyarakat Suku Paser yang mengetahui keanekaragaman suku dan budaya sekitar tidak melestarikannya, oleh karena itu penulis bermaksud untuk mendeskripsikan fungsi serta dampak mitos pada cerita rakyat Kembar Buaya terhadap masyarakat di Longkali Kabupaten Paser Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui empat tahap, yaitu pengamatan/observasi, dokumentasi, wawancara, rekam. Analisis data dilakukan dengan metode, transkripsi, reduksi data, kemudian menganalisis data. Hasil penelitian mengenai fungsi dan dampak mitos pada cerita rakyat Kembar Buaya terhadap masyarakat di Longkali Kabupaten Paser.
Menghasilkan lima mitos yang dipercaya oleh masyarakat. kelima mitos tersebut memiliki fungsi yang relatif sama fungsi pertama, sebagai menyadarkan manusia bahwa ada kekuatan gaib, kedua, berfungsi sebagai memberikan jaminan masa kini, ketiga, sebagai perantara antara manusia dan daya kekuatan alam, keempat, sebagai system proyeksi, kelima, sebagai alat pendidik anak, keenam, sebagai alat pemaksa norma yang harus dipatuhi oleh masyarakat kolektif Suku Paser.
Sedangkan dampak mitos terhadap masyarakat suku paser terbagi menjadi dua yakni dampak positif dimana masyarakat mendapatkan keselamatan serta keberkahan dalam setiap mitos-mitos tersebut, sedangkan dampak negatifnya yakni masyarakat akan mengalami segala macam kejadian buruk yang dapat merugikan si pelanggar itu sendiri.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Fungsi dan Dampak Mitos pada Cerita Rakyat Kembar Buaya terhadap Masyarakat di Longkali Kabupaten Paser: Kajian Folklor
Pengarang Nani Wijayanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAN f 2020
Subyek Dampak mitos, Folklor, Fungsi Mitos
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua