Detail Cantuman Kembali
RESI ITKE LIMBONGAN - Personal Name

IDENTIFIKASI JENIS, KERAPATAN DAN DIVERSITAS BENTOS SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS AIR SUNGAI KARANG MUMUS DI KELURAHAN SUNGAI PINANG LUAR

Resi Itke Limbongan. 2020. Identifikasi jenis, kerapatan dan diversitas bentos sebagai bioindikator kualitas air sungai karang mumus di kelurahan Sungai Pinang Luar, dibawah bimbingan Masitah, S.Pd, M.Pd dan Drs. H. Jailani, M.Kes, selaku pembimbing I dan pembimbing II.
Sungai merupakan suatu tempat kehidupan perairan membelah daratan. Sungai mempunyai potensi seimbang yang ditunjukkan oleh daya guna sungai tersebut antara lain untuk kebutuhan air baku, pertanian, energi dan lain-lain dan sungai mampu mengakibatkan banjir, pembawa sedimentasi, serta pembawa limbah (polutan dari industri, pertanian, pemukiman dan lain-lain). Salah satu organisme di perairan adalah bentos. Penggunaan bentos terutama sebagai indikator kualitas biologi perairan bukanlah merupakan hal yang baru. Karena beberapa sifat hidup hewan bentos memberikan keuntungan untuk digunakan sebagai indikator biologi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui identifikasi jenis, kerapatan dan diversitas bentos sebagai bioindikator kualitas air sungai Karang Mumus di Kelurahan Sungai Pinang Luar. Penelitian ini dilakukan pada 3 stasiun yaitu hulu, tengah dan hilir. Metode yang digunakan adalah metode survei dan metode deskriptif. Adapun rata-rata suhu yang terukur 29°C , TSS 52 mg/l, pH rata-rata 6,54, BOD dengan rata-rata 1,61 mg/l, COD dengan rata-rata 80,162 mg/l, dan DO rata-rata 2,38 mg/l. Hasil parameter fisika dan kimia menunjukkan bahwa satu dari enam parameter yang diukur tidak memenuhi Baku Mutu PP No. 82 tahun 2001 yaitu nilai BOD sehingga sungai Karang Mumus di kelurahan Sungai Pinang Luar dikategorikan tercemar ringan, sedangkan dari hasil parameter biologi didasarkan pada individu yang didapat yakni Tubifex tubifex, Pomacea cannaliculata, Bellamya javanica, Melanoides torulosa termasuk kategori indeks keanekaragaman rendah. Dari hasil penelitian ini menunjukkan nilai parameter fisika, kimia, dan biologi yang diperoleh mengindikasikan bahwa sungai Karang Mumus di kelurahan Sungai Pinang Luar ini tergolong tercemar.
Kata kunci : Bentos, densitas, diversitas, kualitas air Sungai Karang Mumus.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI JENIS, KERAPATAN DAN DIVERSITAS BENTOS SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS AIR SUNGAI KARANG MUMUS DI KELURAHAN SUNGAI PINANG LUAR
Pengarang RESI ITKE LIMBONGAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RES i 2020
Subyek Bentos, densitas, diversitas, kualitas air Sungai
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan pendidikan biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua