Detail Cantuman Kembali
IQBAL SAPUTRA ZANA - Personal Name

PERAN KOMUNITAS TANGAN DI ATAS (TDA) KOTA SAMARINDA TERHADAP PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PEMUDA DI KOTA SAMARINDA

Iqbal Saputra Zana, Peran Komunitas Tangan di Atas (TDA) Kota Samarinda terhadap Pengembangan Kewirausahaan Pemuda di Kota Samarinda. Bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS selaku pembimbing I dan Ibu Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunitas Tangan di Atas (TDA) Kota Samarinda terhadap pengembangan kewirausahaan pemuda di Kota Samarinda serta untuk mengetahui faktor penghambatnya. Fokus penelitian ini yaitu pelatihan kewirausahaan, memberikan pembimbingan, promosi produk atau jasa, bantuan akses permodalan serta faktor penghambat peran komunitas Tangan di Atas (TDA) Kota Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data pada penelitian ini yakni key informan adalah Ketua TDA Kota Samarinda dan informan adalah anggota TDA Kota Samarinda yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian diperoleh gambaran bahwa komunitas Tangan di Atas (TDA) Kota Samarinda sudah melakukan kegiatan pelatihan kewirausahaan dan memberikan pembimbingan melalui kelas mentoring bisnis kepada wirausaha pemuda yang tergabung sebagai anggota TDA Samarinda. Komunitas TDA Samarinda juga turut memfasilitasi promosi produk atau jasa melalui kegiatan pesta wirausaha daerah dan bantuan akses permodalan melalui program Meet The Investor (MTI). Walaupun terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya jumlah mentor dalam memberikan pembimbingan, sebagian pengurus yang tidak aktif, serta kendala biaya penyewaan lokasi kegiatan pesta wirausaha.
Kata kunci : Peran, Komunitas TDA, Kewirausahaan dan Pemuda

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN KOMUNITAS TANGAN DI ATAS (TDA) KOTA SAMARINDA TERHADAP PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PEMUDA DI KOTA SAMARINDA
Pengarang IQBAL SAPUTRA ZANA - Personal Name
No. Panggil TESIS IQB p 2020
Subyek Peran, Pelaksanaan, Forum Kewirausahaan Pemuda
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Magister Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua