Detail Cantuman Kembali
Anis Dwi Amira - Personal Name

Isolasi dan Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Metabolit Sekunder Isolat Bakteri Endofit dari Daun Ciplukan (physalis angulata L.)

Bakteri endofit merupakan bakteri yang tumbuh di dalam jaringan tanaman. Bakteri endofit dapat menghasilkan senyawa metabolit sekunder yang dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri. Pada penelitian ini dilakukan isolasi bakteri endofit dari daun Ciplukan (Physalis angulata L.) dan diproduksi metabolit sekundernya. Ekstrak-ekstrak kasar bakteri endofit selanjutnya dilakukan uji fitokimia dan uji aktivitas antibakteri. Sebanyak 26 koloni tunggal bakteri endofit berhasil diisolasi dari daun Ciplukan. Ekstrak-ekstrak kasar bakteri endofit positif mengandung flavonoid, saponin, alkaloid dan triterpenoid. Hasil uji aktivitas antibakteri menunjukkan ekstrak-ekstrak kasar bakteri endofit memiliki aktivitas antibakteri terhadap Salmonella typhi ATCC 422 dengan diameter terbesar 10,67 mm dengan kode C5, Staphylococcus aureus ATCC 25923 yaitu 9,17 mm dengan kode C21, Propionibacterium acne KCCM 41747 yaitu 12 mm dengan kode C10, Streptococcus sobrinus KCCM 11898 yaitu 15,17 mm dengan kode C16 dan Streptococcus mutans ATCC 25175 dengan kode C18.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Isolasi dan Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Metabolit Sekunder Isolat Bakteri Endofit dari Daun Ciplukan (physalis angulata L.)
Pengarang Anis Dwi Amira - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANI i 2020
Subyek Bakteri endofit, Metabolit sekunder, Antibakteri,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua