Detail Cantuman Kembali
Frandi Suhendra Sinaga - Personal Name

Studi Tentang Pemanfaatan Lahan Masyarakat Menjadi Hutan Rakyat di Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang Samarinda

Frandi Suhendra Sinaga, 2020: Studi Tentang Pemanfaatan Lahan Masyarakat Menjadi Hutan Rakyat Di Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Syahrir Yusuf dan Rujehan.
Pemanfaatan sumber daya alam secara optimal dan rasional bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana sesuai dengan kaidah kelestarian tidak saja akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga akan mendapatkan manfaat yang berkesinambungan. Salah satu contoh pemanfaatan sumber daya alam secara optimal yaitu hutan.
Masyarakat yang mengelola dan melestarikan hutan rakyat di kelurahan mugirejo adalah Kelompok Tani. Terdapat pola tanaman agroforestry yang diterapkan oleh petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya masyarakat dalam memanfaatkan lahan untuk pembangunan hutan rakyat, serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam pembangunan hutan rakyat. Metodologi penelitian ini dengan menggunakan random sampling, di mana dalam pengambilan responden secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Selanjutnya dalam penelitian ini diambil 20% atau sebanyak 21 responden dari total jumlah kelompok Tani yang berjumlah 105 orang. Selanjutnya dilakukan observasi untuk melihat kondisi lapangan secara langsung.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Tentang Pemanfaatan Lahan Masyarakat Menjadi Hutan Rakyat di Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang Samarinda
Pengarang Frandi Suhendra Sinaga - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FRA s 2020
Subyek Frandi Suhendra Sinaga
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua