ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TSAMARA LAUNDRY SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Tsamara Laundry Samarinda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan (X) dan variabel yaitu Kepuasan Pelanggan (Y). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden dengan teknik analisis data yang digunakan pada peneitian ini menggunakan sofware SPSS Versi 20. Alat analisis data yan digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Tsamara Laundry. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig Fhitung = 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 20,1% sedangkan sisanya 79,9% ditentukan oleh variabel-variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian. Diharapkan pihak Tsamara Laundry lebih memperhatikan keamanan dan tata ruang parkir. Hal ini dilakukan guna mempertahankan kepuasan pelanggan.
Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TSAMARA LAUNDRY SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Hadi Rizani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HAD a 2020 |
Subyek | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI BISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY