Detail Cantuman Kembali
EMI VIDIATI - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN - ENDED DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014

ABSTRAK

Vidiati, Emi. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diberi Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended dan Pembelajaran langsung pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. J. R.Watulingas, MM dan (II) Dra. Suriaty, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui pendekatan Open-Ended dan pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas VIIIA dengan pembelajaran melalui pendekatan Open-Ended sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB dengan pembelajaran langsung sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling, sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan cara dokumentasi dan tes akhir hasil belajar matematika yang berbentuk soal uraian sebanyak 8 soal. Data tes Hasil Belajar diuji degan mengguakan Uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahi normalitas data . Dan Independent Sample t Test untuk mengetahui perbedaan rata- rata nilai hasil belajar dengan taraf signifikan (α = 0,05)
Berdasarkan Hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 20.0, untuk Uji Normalitas Data One-Sample Kolmogorov-Smirnov dengan α = 0,05 diperoleh nilai probabilitas untuk kedua kelas lebih dari α maka kedua kelas berdistribusi normal. Kemudian dengan uji homogenitas varian nilai signifikan diperoleh nilai 0,739 < α. Berarti kedua kelas berasal dari populasi varians yang homogen. Hasil analisis inferensial menggunakan analisis uji t (uji pihak kanan). Nilai thitung = 5,00 nilai dari ttabel = 2,00 dari hasil pehitungan diperoleh bahwa thitung > ttabel, sedangkan dari hasil analisis SPSS diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 dengan α = 0,05. Nilai p < α maka dapat disimpulkan H0 di tolak. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dan pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN - ENDED DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014
Pengarang EMI VIDIATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua