Detail Cantuman Kembali
Fina Kurniawati Afriani - Personal Name

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020

Fina Kurniawati Afriani,2020 Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pembimbing I, Drs. Nicodemus Sere, M.Pd dan Pembimbing II Sukriadi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Kecerdasan Emosional.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika yang belum mencapai 70 (KKM). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post facto dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling sebanyak 100 siswa. Instrumen penelitian berupa angket dan tes belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2019/2020. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif, nilai rata-rata kecerdasan emosional siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu sebesar 113,21 hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berada pada kategori sedang. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 64,46 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori sedang.. Dari hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier sederhana, diperoleh persamaan penduga Y = -59.297 + 1,093X. Dengan thit = 29,041 > ttabel = 1,660 dan p = 0,000. Karena nilai thit lebih dari ttabel dan taraf signifikansi statistik kurang dari taraf signifikansi penguji α = 0,05 maka persamaan regresi penduga yang diperoleh adalah berarti pada taraf signifikan 5%, sehingga terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. R2 = 0,896 menunjukkan bahwa 89,6% hasil belajar matematika siswa dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang Fina Kurniawati Afriani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIN p 2020
Subyek Hasil Belajar Matematika, Kecerdasan Emosional.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua