Detail Cantuman Kembali
RISMAIDAH - Personal Name

Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 006 Samarinda Ulu

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru cenderung mendominasi pembelajaran dan penguasaan guru terhadap materi lemah sehingga masih terdapat hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 006 Samarinda Ulu yang belum mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 006 Samarinda Ulu. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 006 Samarinda Ulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif ex post facto. Tempat penelitian dilaksanakan di SDN 006 Samarinda Ulu yang beralamatkan Jln. Piano Kompleks Privap Segiri Dadimulya Telp. (0541) 202478. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 03 Juli s/d 04 Juli tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini, populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 006 samarinda Ulu yang berjumlah 65 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hal ini sering dilakukan bila jumlah populasinya relatif kecil.Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan tes hasil belajar IPA. Instrumen penelitian menggunakan angket kinerja guru dan tes hasil belajar IPA. Penyebaran angket kinerja guru dan tes hasil belajar IPA dilakukan secara online dengan menggunakan platform dari google form. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan dan regresi linier sederhana dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif, nilai rata-rata kinerja guru dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 006 Samarinda Ulu berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier sederhana, diperoleh persamaan penduga. Dengan thit= ttabel dan . Karena nilai thit lebih besar dari ttabel yaitu dan taraf signifikansi statistik kurang dari taraf signifikansi penguji maka persamaan regresi penduga yang diperoleh adalah berarti pada taraf signifikan, sehingga terdapat pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar IPA. R2 menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dapat disebabkan oleh variabel kinerja guru. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas V SDN 006 Samarinda Ulu.
Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Kinerja Guru.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 006 Samarinda Ulu
Pengarang RISMAIDAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIS p 2020
Subyek Hasil Belajar IPA, Kinerja Guru.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua