Detail Cantuman Kembali
Muhammad Syahrul Gunawan - Personal Name

Penerapan Reliability Centered Maintanence (RCM) pada Pompa Intake (studi kasus : IPA Loa Bakung, PDAM Tirta Kencana Samarinda)

PDAM merupakan perusahaan penyedia air bersih yang tersebar di setiap daerah indonesia. Menurut persatuan perusahaan air minum indonesia (PERPAMSI) jumlah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebanyak 436 unit yang tersebar di setiap daerah. Dalam pengolahan air bersih PDAM di indonesia umumnya menggunakan metode pengolahan fisika dan kimia biasa disebut dengan istilah IPA (Instalasi Pengolahan Air). Salah satu PDAM di Indonesia yang menggunakan metode IPA adalah PDAM Tirta Kencana dan peneliti mengambil penelitian berada di IPA Loa Bakung. Dalam proses pengambilan air baku ke sungai di IPA Loa Bakung menggunakan pompa intake, peneliti memilih Obyek penelitian sistem pompa intake tipe submersible merupakan salah satu asset kritis. Bertujuan untuk mengetahui sistem perawatan optimal pada pompa intake tipe submersible dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Peneliti memilih untuk menggunakan metode RCM yang merupakan salah satu bentuk perawatan yang berbasis kepada kehandalan sistem dan telah mendapatkan keberhasilan pada industri pesawat dimana meningkatkan jam terbang dan keselamatan, RCM diawali dengan perumusan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), yang menunjukkan hubungan kualitatif antara kegagalan dengan aktivitas maintenance, LTA dilakukan untuk membuat keputusan tugas perawatan (maintenance task) dengan menggunakan kriteria yang dipakai membuat decision logic tree, Selection Proses and Description untuk menganalisis terhadap mode kegagalan katagori A, B, D/A dan D/B dan Sanity Checklist pada tahap ini dilakukan analisis terhadap mode kegagalan katagori C, D dan D/C. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian didapatkan hasil dari tahap LTA didapatkan mode kagagalan langsung sebanyak 8 mode kegagalan dalam 6 komponen pompa sedangkan mode kegagalan tidak langsung sebanyak 2 mode kegagalan dalam 2 komponen pompa. Dan berdasarkan hasil task selection diperoleh bahwa terdapat 10 failure mode dengan maintenance task jenis Time directed (TD) sebanyak 8 jenis, maintenance task jenis conditional directed (CD) sebanyak 8 jenis, maintenance task jenis failure finding (FF) sebanyak 1 jenis dan 2 run to failure (RTF).
Kata Kunci: PDAM, Reliability Centered Maintenance (RCM), Pompa Intake, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Kualitatif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penerapan Reliability Centered Maintanence (RCM) pada Pompa Intake (studi kasus : IPA Loa Bakung, PDAM Tirta Kencana Samarinda)
Pengarang Muhammad Syahrul Gunawan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2020
Subyek PDAM, Reliability Centered Maintenance (RCM), Pomp
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan teknik industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua