Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD YUDI INDRAWAN - Personal Name

ANALISIS RETURN SAHAM SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE, DAN KONSTRUKSI BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Harga saham setiap sektor property, real estate, dan konstruksi bangunan selama beberapa tahun belakangan ini ramai diperbincangkan karena mengalami trend penurunan, turunnya harga saham ini tentu saja akan menyebabkan return yang dihasilkan juga rendah. Berdasarkan kajian teoritis serta hasil analisa oleh peneliti, faktor yang melatar belakangi masalah ini adalah faktor fundamental perusahaan dan indikator makro ekonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan explanatory reseach dimana penelitian ini bertujuan untuk menguji teori atau hipotesis guna memperkuat atau menolak teori atau hasil penelitian yang sudah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang ada pada sektor property, real estate, dan konsturksi bangunan. Sample dalam penelitian menggunakan metode purposive sampling jumlah perusahaan 30 perusahaan yang ada pada sektor ini dalam periode 2013-2018 setelah dilakukan uji dan setelah di outlier, data penelitian yang menjadi sampel berjumlah 151. Analisa data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SPSS versi 16.0.
Faktor fundamental perusahaan dalam penelitian ini diukur menggunakan Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return on Assets (ROA). Sedangkan indikator makro ekonomi diukur dengan nilai tukar dan inflasi. Dan yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini adalah return saham.
Hasil temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa Economic Value Added (EVA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham, Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Assets (ROA), Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham, dan ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan EVA berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap ROA, MVA berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROA dan return saham, Nilai tukar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROA dan return saham, untuk uji tidak langsung dimana EVA, MVA, Nilai tukar, dan Inflasi tidak berpengaruh terhadap return saham melalui Return on Assets (ROA).
Kata kunci : Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Nilai Tukar, Inflasi, Return on Assets (ROA), Return Saham.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS RETURN SAHAM SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE, DAN KONSTRUKSI BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Pengarang MUHAMMAD YUDI INDRAWAN - Personal Name
No. Panggil TESIS MUH a 2020
Subyek Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MV
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan MAGISTER ILMU EKONOMI S2
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua