Detail Cantuman Kembali
hardi kurniawan - Personal Name

ANALISIS FINANSIAL POKLAHSAR SWAKARYA BERSAMA DI KELURAHAN TANJUNG TENGAH KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

HARDI KURNIAWAN, 2020. Analisis Finansial Poklahsar Swakarya Bersama di Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara.
Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengetahui kelayakan usaha olahan rumput laut yang diukur dari aspek keuangan (finansial). (2) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat dari usaha pengolahan rumput laut.
Penelitian ini dilakukan selama 7 bulan mulai bulan September 2019 hingga bulan Maret 2020 di Kelurahan Tanjung Tengah Kabupaten Penajam. Metode pengambilan sampel diambil berdasarkan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap kelompok Swakarya Bersama dengan anggota 10 orang.
Hasil penelitian berdasrkan uji kelayakan finansial terhadap usaha olahan rumput laut poklahsar swakarya bersama di Kelurahan Tanjung Tengah menguntungkan dengan nilai NVP 76 dan nilai IRR sebesar 33 % Sedangkan Net BCR sebesar 1.38 artinya usaha tersebut layak dan berdasarkan uji faktor pendorong dan penghambat pada kelompok Swakarya Bersama adapun faktor pendukung adalah sebagai berikut ketersediaan bahan baku, kekompakan kelompok, kemasan produk menarik, harga terjangkau, adanya bantuan pemerintah, berkembangnya media promosi, permintaan yang tinggi, tersedianya pasar, dan faktor penghambat adalah lokasi usaha yang kurang strategis, belum efektifnya promosi, pemasaran produk tergolong lokal, kapasitas produksi masih rendah, kenaikan harga bahan baku, tingkat persaingan yang tinggi, selera konsumen yang berubah, tingkat inflasi yang cenderung meningkat.


Kata kunci : Usaha Olahan Rumput Laut, Kelurahan Tanjung Tengah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS FINANSIAL POKLAHSAR SWAKARYA BERSAMA DI KELURAHAN TANJUNG TENGAH KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang hardi kurniawan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAR a 2020
Subyek Analisis finansial budidaya walet
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua