Detail Cantuman Kembali

PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMK NEGERI 1 SAMARINDA

Muhammad Hendra Sya’bani, 2020, Penelitian tentang peran guru PKn dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa di SMK Negeri 1 Samarinda, dengan bimbingan Dra. Hj. Marwiah Johansyah M. Pd sebagai pembimbing pertama dan Dr. H. Asnar, M. Si sebagai pembimbing kedua.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru PKn dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa di SMK Negeri 1 Samarinda dan faktor apa yang mempengaruhi dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa di SMK Negeri 1 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan fokus pada peran guru PKn dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa dan faktor apa yang mempengaruhi meningkatkan kecerdasan moral siswa. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan juli sampai dengan selasai. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisa data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PKn dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa di SMK Negeri 1 Samarinda dengan memberikan nilai- nilai moral kepada siswa dengan cara pemberian materi dengan metode ceramah dan diskusi lalu memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa. Memberikan rasa tanggung jawab kepada siswa yaitu dengan memberikan tugas kepada siswa yang dimana itu adalah suatu amanah yang harus dijalani dan dipertanggung jawabkan. Kemudian faktor apa yang mempengaruhi dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa, dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa guru PKn SMK Negeri 1 Samarinda mampu mengetahui perkembangan moral siswa di dalam lingkungan sekolah, adapun dalam kecerdasan moral siswa di SMK Negeri 1 Samarinda seperti kurangnya rasa empati, rasa hormat dan rasa toleransi, siswa- siswa di SMK Negeri 1 Samarinda tidak ada.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMK NEGERI 1 SAMARINDA
Pengarang MUHAMMAD HENDRA SYA’BANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2020
Subyek Peran Guru, Meningkatkan Kecerdasan Moral, Siswa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua