Detail Cantuman Kembali
Karin Dyah Ishfahany - Personal Name

Studi Kinetika Reaksi Pirolisis Makroalga Merah (Halymenia durvillaei) dengan Analisis Termogravimetri Menggunakan Metode Flynn-Wall-Ozawa (FWO)

Studi kinetika reaksi pirolisis makroalga merah (Halymenia durvillaei) dengan analisis termogravimetri menggunakan metode Flynn-Wall-Ozawa (FWO) telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui potensi makroalga merah (Halymenia durvillaei) sebagai biomassa dengan mengetahui karakterisasi dan melakukan studi kinetika reaksi pirolisis dengan analisis termogravimetri. Pirolisis dilakukan dengan empat variasi laju pemanasan yaitu 5, 10, 15 dan 20 ºC/menit menggunakan Thermogravimetry Analyzer (TGA). Parameter kinetika yang diukur dalam penelitian ini adalah energi aktivasi. Analisis kinetika dilakukan dengan metode model-free Flynn-Wall-Ozawa. Berdasarkan hasil karakterisasi, Halymenia durvillaei memiliki kandungan protein sebesar 5,28 %, kadar lemak sebesar 0,05%, kadar serat kasar sebesar 11,00 %, kadar abu sebesar 19,57% dan kadar air sebesar 8,91%. Nilai energi aktivasi rata-rata dari reaksi pirolisis sebesar 198,045 kJ/mol serta rentang suhu reaksi pirolisis aktif berkisar antara 142 ºC hingga 628 ºC.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Kinetika Reaksi Pirolisis Makroalga Merah (Halymenia durvillaei) dengan Analisis Termogravimetri Menggunakan Metode Flynn-Wall-Ozawa (FWO)
Pengarang Karin Dyah Ishfahany - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KAR s 2020
Subyek Makroalga merah, Energi Aktivasi, Kinetika, Metode
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua