PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TENGGARONG
Vivi Khairunisa Nurtami, 2016 Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tenggarong, Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Jamil, S.Pd., M. AP selaku pembimbing I dan Muhamad Sopyan, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar siswa, dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 dan X IIS 2 untuk kelas eksperimen, dan siswa kelas X IIS 3 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan teknik analisis regresi sederhana, menunjukkan bahwa N = 65 dengan signifikansi 0,05 diperoleh f hitung = 77,53 dan t hitung =8,818 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga keputusannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Minat Belajar, Sejarah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TENGGARONG |
---|---|
Pengarang | VIVI KHAIRUNISA NURTAMI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI VIV p 2020 |
Subyek | Model Pembelajaran Picture and Picture, Minat Bela |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN SEJARAH |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY