Detail Cantuman Kembali
Mira Ramadania Barack - Personal Name

Studi Fenomenologi Tentang Konsep Diri Siswa Berprestasi Yang Berada Pada Ekonomi Menengah Kebawah Di Kelas VIII SMP Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020

Mira Ramadania Barack, 2020. Studi Fenomenologi Tentang Konsep Diri Siswa Berprestasi Yang Berada Pada Ekonomi Menengah Kebawah di Kelas VIII SMP Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini di bawah bimbingan Dra. Wiwik Haryani, M.Pd., selaku pembimbing I dan Andi Wahyu Irawan, S.Pd., M.Pd., selaku pembimbing II.
Fenomena siswa berprestasi yang berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah kebawah menjadi fenomena yang selalu hadir di tengah-tengah lingkungan pendidikan di Indonesia. Begitu pula yang terjadi di SMP Negeri 16 Samarinda, siswa yang tidak mempunyai fasilitas memadai untuk menunjang kegiatan belajarnya tetapi bisa meraih prestasi tertinggi di kelasnya mengalahkan siswa-siswa yang mendapatkan fasilitas lengkap bahkan dengan teknologi canggih. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri dari siswa berprestasi yang berada pada ekonomi menengah kebawah di kelas VIII SMP Negeri 16 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah subjek pada penelitian ini yaitu 1 orang siswa. Data yang didapat kemudian diuji keabsahan data melalui metode triangulasi data, dan dianalisis melalui analisis fenomenologi dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian konsep diri siswa berprestasi yang berada pada ekonomi menengah ke bawah di kelas VIII SMP Negeri 16 Samarinda yaitu 1) Siswa menerapkan disiplin dalam kehidupan sehari-harinya sesuai inisiatifnya sendiri tanpa dorongan dari orangtua, 2) Siswa mempunyai kemampuan mengatur keuangan dengan sangat baik, 3) Siswa memaknai kehidupannya sebagai seorang siswa yang mampu berprestasi ditengah-tengah kondisi ekonomi keluarga yang tidak cukup baik. Konsep diri yang ada pada siswa sangat baik bahkan sangat jarang dimiliki oleh anak seusianya maupun orang dewasa di zaman sekarang. Kondisi ekonomi orangtua tidak menghambat siswa sama sekali untuk bisa berprestasi dan tetap disiplin.
Kata Kunci : Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, Status Sosial Ekonomi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Fenomenologi Tentang Konsep Diri Siswa Berprestasi Yang Berada Pada Ekonomi Menengah Kebawah Di Kelas VIII SMP Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Pengarang Mira Ramadania Barack - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIR s 2020
Subyek Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, Status Sosial E
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Bimbingan dan Konseling
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua