Detail Cantuman Kembali
SITI AMINAH - Personal Name

Pengaruh Media Audio Visual dan Kegiatan Literasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi pada Siswa Kelas XI Agribisnis Tanaman dan Holtikultura (APTH) SMK 9 Samarinda

Siti Aminah, 2019. Pengaruh Media Audio Visual dan Kegiatan Literasi terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi pada Siswa Kelas XI Agribisnis Pembibitan Tanaman dan Holtikultura (APTH) SMK Negeri 9 Samarinda. Tesis. (Pembimbing I: Dr. H. Yusak Hudiyono, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Hj. Widyatmike GM., M. Hum). Samarinda: Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda, (2) pengaruh kegiatan literasi terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda, dan (3) pengaruh media audio visual dan kegiatan literasi terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner berupa angket dan tes menulis teks negosiasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan regresi. Uji validasi instrumen menggunakan teknik analisis Pearson Correlation, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda. Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang didapat nilai thitung > ttabel (4,936 > 1,995), sehingga Ho ditolak. Nilai t hitung positif, artinya berpengaruh positif dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (2) secara parsial kegiatan literasi berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda. Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang didapat nilai thitung> ttabel (5,416 > 1,995), sehingga Ho ditolak. Nilai t hitung positif, artinya berpengaruh positif dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media audio visual dan kegiatan literasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda. Hal ini ditunjukkan oleh uji F yang didapat nilai f hitung> f tabel (49,643 > 3,130), sehingga Ho ditolak. Nilai f hitung positif dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat kecenderungan media audio visual dan kegiatan literasi meningkat dan berdampak pada kemampuan menulis teks negosiasi yang baik. Jadi, media audio visual dan kegiatan literasi dapat berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi.
Kata kunci : audio visual, kegiatan literasi, teks negosiasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Media Audio Visual dan Kegiatan Literasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi pada Siswa Kelas XI Agribisnis Tanaman dan Holtikultura (APTH) SMK 9 Samarinda
Pengarang SITI AMINAH - Personal Name
No. Panggil TESIS SIT P 2019
Subyek audio visual, kegiatan literasi, teks negosiasi.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Magister Bahasa Indonesia S2
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua