Detail Cantuman Kembali
ISTANARA JULIA SAPUTRI - Personal Name

KOMUNIKASI KELOMPOK TEMAN SEBAYA DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWI DI UNIVERSITAS MULAWARMAN

Istanara Julia Saputri. 1302055048. SKRIPSI. Komunikasi Kelompok Teman Sebaya dalam Mempengaruhi Perilaku Merokok pada Mahasiswi di Universitas Mulawarman. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman. 2019.
Istanara Julia Saputri, 1302055048, Perilaku merokok pada mahasiswi merupakan fenomena yang terjadi di dalam masyarakat Indonesia, termasuk di Universitas Mulawarman, Kota Samarinda. Penelitian ini difokuskan pada pertukaran sosial dengan empat konsep dasar yang meliputi ganjaran, biaya, laba, dan tingkat perbandingan serta komunikasi kelompok yang terdiri dari tiga faktor utama yang meliputi fakftor imitasi, faktor sugesti, dan faktor simpati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan peneliti ini melibatkan 9 (sembilan) orang informan kunci. Adapun Teknik Analisa yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat hal yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian dalam segi ganjaran, dukungan emosional dan pembenaran akan nilai yang mahasiswi anut dari kelompok teman sebayanya membuat mahasiswi meneruskan perilaku merokok. Dalam segi biaya, mahasiswi mendapatkan pandangan buruk oleh orang lain, kecanduan rokok, dan menurunnya kesehatan dan keadaan fisik mahasiswi. Dalam segi laba, mahasiswi memperoleh ketenangan, lebih mudah mendapat ide dan inspirasi, serta tetap aktif dalam menghadapi aktivitas mereka yang padat dengan perilaku merokok. Dalam segi tingkat perbandingan, perasaan diterima menjadi standar kepuasaan suatu hubungan yang membuat mahasiswi tetap bertahan di kelompok teman sebayanya dan membuatnya tetap meneruskan perilaku merokok. faktor imitasi, faktor orang tua dan keluarga yang menjadi faktor utama dalam memperkenalkan perilaku merokok kepada mahasiswi. faktor sugesti, faktor teman sebaya yang menjadi faktor untuk mahasiswi mulai merokok. Faktor simpati, sebagian informan menyetujui bahwa faktor teman sebaya menjadi alasan mereka untuk melakukan perilaku merokok sedangkan sebagian informan lainnya menentang bahwa yang membuat mereka meneruskan perilaku merokok bukan karena faktor simpati, melainkan faktor pribadi.
Kata Kunci: Mahasiswi, Komunikasi Kelompok, Perilaku Merokok.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KOMUNIKASI KELOMPOK TEMAN SEBAYA DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWI DI UNIVERSITAS MULAWARMAN
Pengarang ISTANARA JULIA SAPUTRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IST k 2020
Subyek Mahasiswi, Komunikasi Kelompok, Perilaku Merokok.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan ilmu komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua