Detail Cantuman Kembali

PENGENDALIAN HAMA PENTING TANAMAN PADI DENGAN MENGGUNAKAN JAMUR Beauveria bassiana Bals DI DESA SEBUNTAL KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

NIKE STELLA TRIFENA RUGIAN. Jamur entomopatogen Beauveria bassiana Bals. sangat potensial mengendalikan berbagai serangga hama, penelitian ini dilakukan untuk pengendalian hama penting tanaman padi dengan menggunakan jamur B. bassiana di Desa Sebuntal, Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Adapun tujuan penelitian adalah mengidentifikasi hama serangga penting yang terdapat di lahan sawah Desa Sebuntal Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur dan untuk mengetahui konsentrasi B. bassiana yang efektif dalam menekan intensitas serangan hama penting pada tanaman padi sawah (Oryza sativa L.).(Dibawah bimbingan Sopialena dan Abdul Sahid).
Penelitian disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK), terdiri dari lima perlakuan yaitu dengan konsentrasi B0 = (kontrol), B1 = 5 ml/liter, B2 = 10 ml/liter, B3 = 15 ml/liter, dan B4 = 20 ml/liter. masing-masing perlakuan diulang 4 kali, Perlakuan B. bassiana diaplikasikan pada umur 2 minggu setelah tanam, 3 minggu setelah tanam, 4 minggu setelah tanam, 5 minggu setelah tanam, 6 minggu setelah tanam, 7 minggu setelah tanam, 8 minggu setelah tanam, 9 minggu setelah tanam, 10 minggu setelah tanam, 11 minggu setelah tanam dan 12 minggu setelah tanam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 (tiga) hama serangga penting yang teridentifikasi yang terdapat di lahan sawah Desa Sebuntal Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur, yaitu: hama Putih Palsu (Chanaphalocrosis medinalis) pada fase vegetatif, penggerek batang (tryporiza sp.) pada fase generatif (beluk) dan hama walang sangit (Leptocorixa acuta) pada fase generatif. Konsentrasi B. bassiana yang efektif dalam mengendalikan hama pada tanaman padi (O. sativa ) adalah 15 ml/L.
Kata kunci: hama, padi, Beauveria bassiana Bals.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGENDALIAN HAMA PENTING TANAMAN PADI DENGAN MENGGUNAKAN JAMUR Beauveria bassiana Bals DI DESA SEBUNTAL KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang NIKE STELLA TRIFENA RUGIAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NIK p 2020
Subyek HAMA, PADI, Beauveria bassiana Bals
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan AGROEKOTEKNOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua