Detail Cantuman Kembali
Yumirnawati - Personal Name

UJI EFEKTIFITAS METODE PERSEMAIAN BEBERAPA VARIETAS TANAMAN PISANG (MUSA SPP.) PADA TANAH ULTISOL

YUMIRNAWATI. Uji Efektifitas Metode Persemaian Beberapa Varietas Tanaman Pisang ( Musa spp.) Pada Tanah Ultisol, Fakultas Pertanian. Universitas Mulawarman, 2020. (dibawah bimbingan Ratna Shanti dan Nurul Puspita Palupi).
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pertumbuhan tunas pada bonggol yang ditanam pada metode semai terbalik dan normal, dari beberapa varietas tanaman pisang, seperti pisang kepok, pisang ambon, pisang uli, dan pisang tanduk dan mengetahui varietas mana yang mampu bertunas dengan cepat.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga bulan Juli 2020, pengambilan tanah Ultisol di kebun Raya Samarinda. Lokasi penelitian dilaksanakan di lingkungan Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman. Bahan yang digunakan dalam penelitian terdiri atas bonggol tanaman pisang varietas kepok, varietas ambon, varietas uli , varietas tanduk, tanah ultisol. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terpisah (Split-Plot Design), yang disusun dalam RAK dengan petak utama metode semai terbalik dan normal, serta anak petak varietas pisang, delapan kombinasi dengan empat kelompok, apabila hasil sidik ragam menunjukkan perlakuan berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%.
Penelitian ini menunjukkan bahwa metode semai terbalik tidak berbeda nyata dibandingkan yang normal. Pada perlakuan varietas menunjukkan hasil yang berbeda tidak nyata terhadap kecepatan tumbuh, tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun yang disemai pada media tanah Ultisol.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, Metode semai dengan cara bonggol ditanaman terbalik menunjukkan perbedaan yang tidak nyata tetapi terdapat kecenderungan pada pertumbuhan yang lebih cepat pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun. Varietas pisang yang mampu berkembang dengan cepat yaitu dari varietas pisang ambon pada metode semai bonggol terbalik, namun sidik ragam menunjukkan bahwa hasilnya berbeda tidak nyata.
Kata kunci : Ultisol, Pisang, dan Persemaian.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI EFEKTIFITAS METODE PERSEMAIAN BEBERAPA VARIETAS TANAMAN PISANG (MUSA SPP.) PADA TANAH ULTISOL
Pengarang Yumirnawati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUM u 2020
Subyek Kata kunci : Ultisol, Pisang, dan Persemaian.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua