Detail Cantuman Kembali

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOPING STRES TERHADAP PENYESUAIAN DIRI (Pada Ibu yang memiliki Anak Autisme di Pusat Pelayanan Autis (PLA) Batu Besaung Samarinda)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan koping stres terhadap penyesuaian ibu yang memiliki anak autisme di Batu Besaung Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 68 orang ibu dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala penyesuaian diri, skala kecerdasan emosional dan skala koping stress. Data yang terkumpul di analisis dengan uji analisis regresi sederhana dengan program statistical package for social sciences (SPSS) 20.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri dengan koefisien beta = 0.651, serta nilai t hitung > t tabel (6.519 > 1.997) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). tidak ada hubungan yang signifikan antara koping stress dengan penyesuaian diri menghasilkan koefisian beta beta = 0.089, serta nilai t hitung > t tabel (0.891 > 1.997) dan nilai p = 0.376 (p > 0.05). ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan koping stress dengan penyesuaian diri yang menghasilkan nilai f hitung > f tabel (30.372 > 3.14) dan nilap p = 0.000 (p < 0.05). kontribusi hubungan (R2) kecerdasan emosional dan koping stres dengan penyesuaian diri ibu adalah sebesar 0.483.
Kata Kunci: kenyesuaian diri, kecerdasan emosional, koping stres.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOPING STRES TERHADAP PENYESUAIAN DIRI (Pada Ibu yang memiliki Anak Autisme di Pusat Pelayanan Autis (PLA) Batu Besaung Samarinda)
Pengarang DIAH PRAHESTI AYUNINGTYAS - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIA h 2020
Subyek kenyesuaian diri, kecerdasan emosional, koping str
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan psikologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua