Detail Cantuman Kembali
SITTI MARDIANA - Personal Name

KESULITAN BELAJAR DALAM MENGAPLIKASIKAN PROGRAM CORELDRAW X5SISWA KELAS X MULTIMEDIASMK NEGERI 16 SAMARINDATAHUN AJARAN 2015/2016

ABSTRAK

SittiMardiana. 2015. Kesulitan Belajar Dalam Mengaplikasikan Program
CorelDraw X5 Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 16
Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Muhammad Ugiarto, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak A. Rofiq Hakim, S.Pd, M.Kom selaku pembimbing II.

SMK Negeri 16 Samarinda merupakan salah satu sekolah yang terletak di kota Samarinda beralamat di PerumnasJalan Bengkuringraya II, Samarinda Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jeniskesulitan belajar yang dialami siswa dalam mengaplikasikan program CorelDraw X5dan fakto-faktor yang menyebabkankesulitan belajar dalam mengaplikasikan program CorelDraw X5.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 04Septenber -25Septenber 2015 di SMK Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia yang berjumlah 30 orang siswa. Objekdalam penelitian ini berjumlah 7orang siswa yang diperoleh dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwajenis-jeniskesulitan belajar yang dialami siswa antara lain: a. kesulitan dalam memahami pengertian CorelDraw X5, b. kesulitan dalammenjelaskan dalam cara membuka, menyimpan dokumen padaprogram CorelDraw X5, c. kesulitan dalam menyebutkan fungsi menu- menu iconyang terdapat pada program CorelDraw X5, d. kesulitan dalam menyebutkan fungsi-fungsi Tools yang terdapat pada program CorelDraw X5 dan e. kesulitan dalam memahami pengertian poster .
Berdasarkan jenis-jeniskesulitan belajar yang dialami siswa adapun Faktor- Faktor penyebab kesulitan siswa dalam mengaplikasikan CorelDraw X5 pada materi pokok membuat poster yang sebagai berikut : a. Factor internal yait ufaktor-faktor yang terdapat dari dalam diri siswa seperti minat siswa pada pelajaran CorelDraw yang masih kurang, tidak memiliki keterampilan, kurang memiliki konsep (pengetahuandasar) yang diperlukan, kurang teliti dalam memahami kasus dalam soal. b. Faktor-faktor eksternal yaitu faktor- factor yng terdapat di luar diri siswa, seperti faktor guru kurang persiapan sehingga dalam menjelaskan materi pelajaran kurang jelas, terlalu cepat, dan akhirnya sukar untuk di mengerti oleh siswa-siswanya, kurang jelas, kurang adan ya penekanan dari guru tentangpengetahuan yang diberikan guru kepada siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KESULITAN BELAJAR DALAM MENGAPLIKASIKAN PROGRAM CORELDRAW X5SISWA KELAS X MULTIMEDIASMK NEGERI 16 SAMARINDATAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang SITTI MARDIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua