Detail Cantuman Kembali
FACHRUNNISA NUR AULIA - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN TIK DI KELAS X SMA PATRA DHARMA BALIKPAPAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

ABSTRAK
Aulia, Fachrunnisa Nur. 2015. Perbedaan Hasil Belajar antara Pembelajaran Blended Learning dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran TIK di Kelas X SMA Patra Dharma Balikpapan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Ilmu Komputer, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. H. Nor Hadiyanto dan (II) Ummul Hairah, MT.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi moodle dengan pembelajaran konvensional menggunakan media power point di kelas X SMA Patra Dharma Balikpapan tahun pembelajaran 2014/2015.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan IPA SMA Patra Dharma Balikpapan tahun pembelajaran 2014/2015 sebanyak 128 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas X IPA1 dan X IPA2 yang terdiri dari 51 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas, yaitu pembelajaran blended learning (X1) dan pembelajaran konvensional (X2), serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar TIK (Y). Instrumen yang digunakan adalah tes yang berupa soal uraian dan praktik, yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar TIK. Sebelum penelitian dilaksanakan, diadakan uji coba instrumen pada salah satu kelas yang bukan merupakan sampel dari penelitian, yaitu kelas X IPA4 yang terdiri dari 21 siswa.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar akhir untuk kelas eksperimen pertama adalah 85,55 dan rata-rata nilai hasil belajar akhir untuk kelas eksperimen kedua adalah 80,67. Berdasarkan hasil uji Kolmogorov-Smirnov untuk melihat normalitas data hasil belajar akhir, pada kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua diperoleh nilai Pr = 0,200 dengan α = 0,05, karena nilai Pr > α maka data hasil penelitian untuk kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua berasal dari distribusi normal. Hasil analisis data hasil belajar akhir dengan uji t, diperoleh thitung sebesar 2,237 dengan ttabel = 2,01 dan nilai Pr sebesar 0,030 dengan α = 0,05, karena thitung > ttabel dan nilai Pr < α maka H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pembelajaran blended learning menggunakan media web moodle dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional menggunakan media power point.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi moodle dengan pembelajaran konvensional menggunakan media power point di kelas X SMA Patra Dharma Balikpapan tahun pembelajaran 2014/2015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN TIK DI KELAS X SMA PATRA DHARMA BALIKPAPAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang FACHRUNNISA NUR AULIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua