KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XII IPS I MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan tahapan mentranskrip data, memberi kode, mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan indikasi siswa yang mengalami kesulitan diantaranya, siswa tidak dapat memahami penjelasan dari guru, saat mengerjakan soal siswa tampak gelisah dan jawaban siswa yang acak-acakan serta coretan atau tulisan tidak jelas dan tidak terarah, meskipun jawabannya mendekati benar. Dari hasil analisis, disimpulkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah-masalah verbal.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan siswa lebih memperhatikan dalam menggunakan konsep khususnya ketika mengerjakan soal cerita materi barisan dan deret, dan guru diharapkan lebih memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XII IPS I MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Tasnim Hindri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TAS k 2020 |
Subyek | kesulitan, matematika |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY