PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SAMARINDA
Dinda Ayu Bulantari, 2016
Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 11
Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. H. Asnar, M.Si selaku pembimbing I dan Mohammad Sopyan, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta seberapa besar signifikansi pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda yang berjumlah 180 siswa. sample yang di gunakan untuk penelitian berjumlah 72 yang terdiri dari 36 siswa pada kelas kontrol dan 36 siswa lainnya pada kelas eksperimen. Teknik pengunpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh uji thitung = 17,603 > ttabel = 2,032 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh antara Model pembelajaran talking stick terhadap minat belajar siswa. Kemudian fhitung =
309,877 > 4,130, maka Ho ditolak dan Ha . Begitu juga dengan perbandingan
koefisien korelasi kelas control dan kelas eksperimen 60,3 % > 90,1 % artinya
terdapat pengaruh yang signifikan antara Model pembelajaran talking stick t erhadap minat belajar siswa.
Kata kunci : Minat Belajar, Model pembelajaran talking stick, Sejarah, Siswa
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DINDA AYU BULANTARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIN p 2020 |
Subyek | Minat Belajar, Model pembelajaran talking stick |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan sejarah |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY