Detail Cantuman Kembali
HERY IRWAN - Personal Name

ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DAN UPAH SERTA TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENGANGGURAN DI KABUPATEN BERAU

Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Upah serta tingkat pendidikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Pengangguran di Kabupaten Berau. Penelitian ini menggunakan data sekunder selama tahun 2008 hingga 2017.
Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode dokumentasi. Data yang digunakan berupa data time series yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Berau serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Berau. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis Jalur.
Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, maka dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) PDRB secara langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja; (2) Upah secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja; (3) Tingkat pendidikan secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja; (4) PDRB secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pengangguran; (5) Upah secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengangguran; (6) Tingkat pendidikan secara langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Pengangguran; (7) Penyerapan Tenaga Kerja secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pengangguran; (8) PDRB secara tidak langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Pengangguran melalui Penyerapan Tenaga Kerja; (9) Upah secara tidak langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pengangguran melalui Penyerapan Tenaga Kerja; (10) Tingkat Pendidikan secara tidak langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pengangguran melalui Penyerapan Tenaga Kerja.
Kata kunci: Produk domestik regional bruto; Upah; Tingkat pendidikan;Penyerapan tenaga kerja; Pengangguran.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DAN UPAH SERTA TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENGANGGURAN DI KABUPATEN BERAU
Pengarang HERY IRWAN - Personal Name
No. Panggil TESIS HER a 2020
Subyek Produk domestik regional bruto; Upah; Tingkat pend
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan MAGISTER ILMU EKONOMI S2
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua