Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Perbandingan dan Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda Tahin Ajaran 2018/2019
Astri. 2020. Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Perbandingan dan Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman.
Pembimbing: (I) Dr. H. PM. Labulan, M.Pd, (II) Dra. Suriaty, M.Pd.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi perbandingan dan aritmatika sosial di kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian sebanyak 94 siswa dengan objek penelitian kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi perbandingan dan aritmatika sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis berupa 8 butir soal uraian. Teknik analisis data meliputi menentukan kemampuan masing-masing siswa, persentase jumlah siswa berdasarkan tiap kategori kemampuan, rata-rata kemampuan siswa berdasarkan kompetensi dasar dan rata-rata kemampuan siswa berdasarkan indikator soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi perbandingan dan aritmatika sosial di kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2018/2019 diperoleh sebanyak 76 siswa atau 80,85% termasuk dalam kategori kurang sekali dalam menyelesaikan masalah pada materi perbandingan dan aritmatika sosial. Siswa belum mampu menyelesaikan masalah pada materi perbandingan dan aritmatika sosial dikarenakan beberapa siswa masih kurang teliti serta tergesa-gesa dalam mengerjakan soal tes kemampuan, kurang bisa mengatur waktu dalam mengerjakan soal, kurang memahami maksud soal karena kurang terbiasa mengerjakan soal latihan yang serupa, serta masih kurang mampu menggunakan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya. Dalam hal ini kemungkinan dalam proses pembelajaran pada materi perbandingan dan aritmatika sosial hanya lebih banyak mengajarkan untuk kemampuan pengetahuan saja daripada kemampuan keterampilannya, sehingga kemampuan siswa dikategorikan kurang sekali dalam menyelesaikan masalah pada materi perbandingan dan aritmatika sosial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi perbandingan dan aritmatika sosial di kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2018/2019 tergolong kurang sekali.
Kata Kunci: Kemampuan, Menyelesaikan Masalah, Perbandingan, Aritmatika Sosial
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Perbandingan dan Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda Tahin Ajaran 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | Astri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AST k 2020 |
Subyek | aritmatika sosial Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah, Perbandingan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY