Detail Cantuman Kembali
Sri Maulidah Hasanah - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Tentang Kelestarian Sumber Daya Alam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) pada Siswa Kelas IV SDN 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020

Sri Maulidah Hasanah, 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik muatan IPA tentang Kelestarian Sumber Daya Alam pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup melalui Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) Pada Siswa Kelas IV SDN 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Mohammad Siddik, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Mohammad Ilyas, M. Pd sebagai pembimbing II.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Kelestarian Sumber Daya Alam, Model SAVI.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa kelas IV SDN 019 Samarinda Ulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan hasil belajar tematik muatan IPA tentang kelestarian sumber daya alam pada tema peduli terhadap makhluk hidup melalui model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) pada siswa kelas IV SDN 019 Samarinda Ulu tahun pelajaran 2019 /2020?. Maka tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar tematik muatan IPA tentang kelestarian sumber daya alam pada tema peduli terhadap makhluk hidup melalui model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) pada siswa kelas IV SDN 019 Samarinda Ulu tahun pelajaran 2019 /2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing- masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN 019 Samarinda Ulu yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar tematik muatan IPA tentang kelestarian sumber daya alam dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran SAVI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus nilai rata-rata, rumus persentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peningkatatan hasil belajar sebesar 52% dari nilai rata-rata 47,12 pada nilai dasar menjadi 71,42 dan persentase ketuntasan sebesar 69% dengan predikat cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 82% dari nilai rata-rata 47,12 pada nilai dasar menjadi 85,67 dan persentase ketuntasan 88% dengan predikat baik. Persentase ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa hasil belajar muatan IPA dengan menggunakan model pembelajaran SAVI pada siswa kelas IV SD N 019 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Tentang Kelestarian Sumber Daya Alam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) pada Siswa Kelas IV SDN 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang Sri Maulidah Hasanah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SRI p 2020
Subyek Hasil Belajar, Kelestarian Sumber Daya Alam, Model
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua