Detail Cantuman Kembali
Nur Utami - Personal Name

Kesalahan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan di Kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat dan bilangan pecahan di kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi pembelajaran, dokumentasi dan wawancara. Observasi dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dan wawancara dilakukan kepada 5 siswa sebagai perwakilan dari siswa yang melakukan kesalahan serta guru mata pelajaran matematika. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu membandingkan data hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran matematika: (a) kesalahan operasi, yaitu kesalahan dalam mengubah bilangan pecahan campuran, (b) kesalahan perhitungan, yaitu kesalahan dalam menentukan pembagian bilangan bulat, perkalian bilangan puluhan, pemangkatan bilangan bulat, serta penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif (c) kesalahan algoritma, yaitu kesalahan dalam menentukan KPK, penjumlahan bilangan bulat dengan bilangan pecahan, penyelesaian soal cerita, dan penjumlahan bilangan bulat menggunakan garis bilangan, (d) kesalahan konsep, yaitu kesalahan dalam membandingkan bilangan bulat dan bilangan pecahan, penjumlahan menggunakan garis bilangan, sifat-sifat perkalian bilangan bulat, FPB, serta perkalian dan pembagian bilangan berpangkat, dan (e) kesalahan jawaban sembarang, yaitu kesalahan siswa dalam operasi hitung bilangan bulat dengan bilangan pecahan, dan operasi bilangan pecahan campuran dalam bentuk soal cerita. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah (1) kurangnya pemahaman siswa dalam mengoperasikan bilangan bulat, (2)tidak teliti dalam menghitung (3) kurangnya pemahaman siswa dalam menerapkan langkah atau aturan yang seharusnya digunakan, (4) kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar bilangan bulat (5) kurangnya pemahaman konsep dasar operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan, (6) kurangnya penguasaan keterampilan prasyarat, (7) tidak mengerti maksud dari soal, (8) kurang berlatih dalam mengerjakan soal, (9) tidak hafal perkalian dan pembagian bilangan, (10) terburu-buru atau kurang teliti dalam meyelesaikan soal, (11) kurangnya motivasi siswa dalam belajar, (12) malu atau takut untuk bertanya, (13) kurangnya variasi soal yang diberikan guru,,(14) kurangnya perhatian siswa pada saat guru menjelaskan materi (15) tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya, dan (16) tidak memiliki alat peraga.
Kata Kunci: Jenis-jenis kesalahan, faktor-faktor penyebab kesalahan, bilangan bulat, bilangan pecahan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kesalahan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan di Kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Pengarang Nur Utami - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR k 2020
Subyek Jenis-jenis kesalahan, faktor-faktor penyebab kesa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua