Detail Cantuman Kembali
CHARLES RAYMOND JEFFREY - Personal Name

KONTRIBUSI RUANGKU COWORKING SPACE DALAM MENGEMBANGKAN SEKTOR EKONOMI KREATIF BAGI PARA PEMUDA DI KOTA SAMARINDA

Charles Raymond Jeffrey, Program Magister Administrasi Publik Universitas Mulawarman, Mei 2020, Kontribusi Ruangku Coworking Space Dalam Mengembangkan Sektor Ekonomi Kreatif Bagi Para Pemuda di Kota Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Bapak Dr. Bambang Irawan, M.Si.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi Ruangku Coworking Space dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif bagi para pemuda di Kota Samarinda. Konsep coworking space merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif di suatu wilayah. Ruangku Coworking Space merupakan coworking space pertama yang didirikan di Kota Samarinda oleh Farid Nurrahman pada tahun 2017 dengan tiga nilai utama yaitu create, connect, dan collaborate untuk orang-orang kreatif.
Dalam penelitian ini meneliti bahwa kontribusi Ruangku Coworking Space difokuskan pada program dan kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan oleh Ruangku berdasarkan teori nilai utama coworking space dari DeGuzman & Tang (2011) yang meliputi collaboration, community, sustainability, openness, dan accessibility. Selain itu, penelitian ini juga meneliti faktor penghambat yang dihadapi oleh Ruangku Coworking Space dalam berkontribusi pada sektor ekonomi kreatif bagi para pemuda di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan secara mendalam sejauh mana kontribusi yang telah dilakukan oleh Ruangku coworking space dalam upaya mengembangkan sektor ekonomi kreatif bagi para pemuda di Kota Samarinda. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yang bersumber dari wawancara Founder & CEO (Chief Execuive Officer) Ruangku dan office manager Ruangku, serta data sekunder yang bersumber dari dokumentasi baik secara langsung maupun dari media sosial Ruangku Coworking Space.
Data yang diperoleh dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan model Miles, Huberman & Saldana yang meliputi data collection, data reduction, data display, dan drawing & verifying conclusions. Selanjutnya diadakan pengujian terhadap keabsahan data dengan menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada Kontribusi Ruangku Coworking Space Dalam Mengembangkan Sektor Ekonomi Kreatif Bagi Para Pemuda di Kota Samarinda menunjukkan bahwa sejauh ini kontribusi Ruangku Coworking Space telah berjalan dengan baik.
Ruangku Coworking Space rutin menyelenggarakan kegiatan di bidang ekonomi kreatif. Hal ini dibuktikan dari terselenggaranya kegiatan baik itu seminar, workshop, diskusi, yang diadakan oleh Ruangku dalam 9 dari 16 subsektor ekonomi kreatif hingga saat ini. Selain itu, Ruangku Coworking Space juga telah menjalani nilai-nilai utama coworking space yang meliputi collaboration, community, sustainability, openness, dan accessibility.
Kata kunci: Kontribusi, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Coworking Space

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KONTRIBUSI RUANGKU COWORKING SPACE DALAM MENGEMBANGKAN SEKTOR EKONOMI KREATIF BAGI PARA PEMUDA DI KOTA SAMARINDA
Pengarang CHARLES RAYMOND JEFFREY - Personal Name
No. Panggil TESIS CHA k 2020
Subyek Kontribusi. Ekonomi Kreatif. Pemuda. Coworking Spa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua