Detail Cantuman Kembali
Putri Lintang Kharisma - Personal Name

Hubungan Status Gizi, Umur, Jenis Kelamin dengan Derajat Infeksi Dengue pada Anak di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

Latar Belakang. Infeksi virus dengue memiliki manifestasi mulai dari yang paling ringan yaitu undifferentiated fever, demam dengue (DD), demam berdarah dengue (DBD) dan dengue shock syndrome (DSS). Infeksi dengue ringan dan berat sulit untuk dibedakan pada awal perjalanan penyakit, dan perjalanan klinisnya juga sulit untuk “diprediksi”. Oleh karena itu, diperlukan indikator untuk memprediksi derajat infeksi virus dengue, sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat.
Tujuan. Untuk mengetahui hubungan status gizi, umur, jenis kelamin dengan derajat infeksi dengue pada anak di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.
Metode. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien anak (0-18 tahun) yang didiagnosis menderita infeksi virus dengue dan menjalani rawat inap di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda pada tahun 2019. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan 88 pasien. Data diperoleh dari rekam medis. Analisis bivariat dianalisis secara statistik menggunakan uji chi-square.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara jenis kelamin (p = 0.041) dengan derajat infeksi dengue pada anak. Sedangkan, status gizi (p = 0.127) dan umur (p = 0.077) tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan derajat infeksi dengue pada anak.
Kesimpulan. Jenis kelamin mungkin berfungsi sebagai prediktor terhadap derajat infeksi dengue pada anak, dengan kejadian laki-laki lebih rentan terhadap manifestasi yang lebih buruk.
Kata Kunci : Status gizi, umur, jenis kelamin, derajat infeksi dengue.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Status Gizi, Umur, Jenis Kelamin dengan Derajat Infeksi Dengue pada Anak di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda
Pengarang Putri Lintang Kharisma - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUT h 2020
Subyek Status gizi, umur, jenis kelamin, derajat infeksi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan Kedokteran
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua