Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi melalui Model Pembelajaran Quantum Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman teks nonfiksi siswa kelas IV SD Negeri 001 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020 khususnya pada muatan Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks nonfiksi melalui model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 001 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks nonfiksi melalui model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 001 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN 001 Samarinda Ulu kelas IVB yang berjumlah 27 siswa, dan objek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks nonfiksi melalui model pembelajaran Quantum Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, rumus persentase, dan rumus peningkatan hasil belajar. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman teks nonfiksi dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan membaca pemahaman siswa setiap siklusnya. Pada pra siklus ketuntasan belajar siswa 40,74% dengan nilai rata-rata 56,29, pada siklus I meningkat menjadi 62,96% dengan nilai rata-rata 68,88 dan dengan predikat kurang. Peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 22,36%. Pada siklus II meningkat menjadi 81,48% dengan nilai rata-rata 82,22 dengan predikat baik dan telah mencapai KKM 70 serta telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 75%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,35% sedangkan peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 46,05%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membaca pemahaman teks nonfiksi melalui model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Teks Nonfiksi, Model Pembelajaran Quantum Learning.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi melalui Model Pembelajaran Quantum Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020. |
---|---|
Pengarang | Nor Octaviani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOR p 2020 |
Subyek | Keterampilan Membaca Pemahaman, Teks Nonfiksi, Mod |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY