Detail Cantuman Kembali
MEGA RAHMAH RAMADHANA - Personal Name

Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Dalam Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II SDN 008 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020

Penelitian ini dilakukan atas upaya dalam penerapan pembelajaran model picture and picture pada siswa kelas II B di SDN 008 Sungai Pinang dengan rumusan masalah pada penelitian ini mengenai Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dalam model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas II B di SDN 008 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019 / 2020. Maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dalam model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas II B di SDN 008 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II B SDN 008 Sungai Pinang yang dilaksanakan pada tanggal 03 Maret 2020 sampai dengan 14 Maret 2020. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II B dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang siswa. Objek dari penelitian ini adalah pendekatan saintifik dan model pembelajaran picture and picture. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan hasil observasi, hasil wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan dengan pendekatan saintifik dalam model pembelajaran picture and picture sudah terencanakan dan tersiapkan dengan baik melalui perangkat pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar; 2) Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam model picture and picture telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang ditentukan sehingga terlaksana dengan baik, sebagaimana hasil persentase yang diperoleh dalam keterlaksanaan pembelajaran pada dua kali pertemuan sebanyak 78.94% dan 84.21% serta 3) Evaluasi pada pendekatan saintifik dalam model picture and picture telah terlaksana dengan baik menggunakan lembar penilaian autentik.
Dari hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran picture and picture telah terlaksana dengan baik dan dapat dikembangkan pada kompetensi dasar dan/ pembelajaran tematik sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi serta membangun kemampuan siswa aktif dan kreatif.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Pendekatan Saintifik, Model Picture And Picture.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Dalam Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II SDN 008 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang MEGA RAHMAH RAMADHANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEG p 2020
Subyek Pelaksanaan, Pendekatan Saintifik, Model Picture A
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua