Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Kelas VC Di SD Negeri 012 Samarinda Ulu Tahun Pelajaran 2019/2020
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V C di SDN 012 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Berdasarkan latarbelakang tersebut masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar IPS dengan Model Pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas V C di SDN 012 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan Model Pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas V C di SDN 012 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa V C SDN 012 Samarinda Ulu yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan dan guru. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan analisis hasil tugas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS materi Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan V C SDN 012 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020 meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pra siklus sampai dengan siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pra siklus yang diperoleh nilai rata-rata 68,63 dengan persentase ketuntasan 36,84%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 35,14% dengan nilai rata-rata 75,92 dengan persentase 73,68%, dan meningkat kembali pada siklus II sebesar 50,48 % dengan nilai rata-rata 84,54 dengan persentase 92,10%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Kelas VC Di SD Negeri 012 Samarinda Ulu Tahun Pelajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | TRI WULANDARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TRI p 2020 |
Subyek | Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Picture and |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY