Pengembangan Perangkat Pembelajarab Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi model Discovery Learning yang valid, praktis dan efektif bagi kelas XI SMA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan yang mengacu pada model Borg & Gall. Subjek uji coba siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sangatta Utara, Kutai Timur. Teknik analisis kevalidan dan kepraktisan menggunakan teknik deskriptif persentase. Teknik analisis keefektifan dengan cara melihat persentase peningkatan dari hasil pretest-posttest siswa. Hasil penelitian berupa pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi: Silabus, RPP, Bahan Ajar, LKPD, dan Instrumen Penilaian. Hasilnya menunjukkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kevalidan dengan persentase kevalidan sebesar 99,66% yang dikategorikan sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dihasilkan juga sangat praktis, hal ini ditunjukkan dengan penilaian siswa sebagai responden penelitian sebesar 85,93%. Perangkat pembelajaran berorientasi model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dihasilkan mampu memberikan kefektifkan pembelajaran, hal ini terlihat melalui peningkatan pembelajaran antara pretest dan posttest sebesar 33%.
Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Perangkat Pembelajarab Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA |
---|---|
Pengarang | Purnama Indah - Personal Name |
No. Panggil | TESIS PUR p 2020 |
Subyek | Model Discovery Learning, keterampilan berpikir kr |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY