Detail Cantuman Kembali
Fajriansyah - Personal Name

Profil Pohon dan Cadangan Karbon pada jenis Litsea spp di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

FAJRIANSYAH. Profil Pohon dan Cadangan Karbon pada jenis Litsea spp. di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur (dibimbing oleh Rita Diana dan Paulus Matius).
Litsea spp. adalah jenis yang memiliki banyak manfaat seperti untuk perkayuan, bahan obat, rempah-rempah, minyak wangi, tergolong dalam kelompok hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang bernilai ekonomi tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi morfologis pohon Litsea spp. termasuk diantaranya kondisi batang, kondisi percabangan, kondisi tajuk, khususnya hubungan antara diameter batang dan tinggi total pohon, diameter batang dengan lebar tajuk, dan tinggi total pohon dengan lebar tajuk, serta untuk mengetahui nilai cadangan karbon tersimpan pada tanaman Litsea spp. di Hutan Pendidikan Fahutan Unmul Samarinda Kalimantan Timur. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling, mencari pohon Litsea spp. sebagai objek penelitian sebanyak 33 pohon dan 7 jenis Litsea spp. Parameter pohon yang diukur adalah diameter, bebas cabang, tinggi pohon, dan lebar tajuk. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 57,4 % pohon sehat. Hasil analisis data keseluruhan pohon nilai koefisien regresi antara diameter dengan tinggi, dan diameter dengan lebar tajuk memiliki nilai korelasi sedang, hal ini mengindikasikan bahwa diameter pohon tidak memiliki hubungan terhadap tinggi pohon dan lebar tajuk pada pohon Litsea spp. kondisi serupa juga terjadi pada hubungan kolerasi antara tinggi pohon yang juga memiliki hubungan kolerasi sedang sehingga mengindikasikan tinggi pohon tidak mempengaruhi lebar tajuk. Sedangkan nilai biomasa dan cadangan karbon menggunakan persamaan parameter diameter dan kerapatan jenis kayu.
Kata Kunci: Litsea spp., kesehatan pohon, cadangan karbon, HPFU.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Profil Pohon dan Cadangan Karbon pada jenis Litsea spp di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman
Pengarang Fajriansyah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAJ p 2020
Subyek Litsea spp., kesehatan pohon, cadangan karbon, HPF
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua