Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anau usia 2-3 Tahun Melalui mendongeng di TPA Kebun Kita Samarinda
Lenny, 2020. Peningkatan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia 2-3 tahun melalui mendongeng di TPA Kebun Kita Samarinda. di bawah Bimbingan Dr. H. Budi Rahardjo,M.S Sebagai Pembimbing I dan Fachrul Rozie,S.Pd M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Mendongeng dengan menggunakan media buku cerita dan boneka tangan di TPA Kebun Kita Samarinda. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek dan objek penelitian adalah anak anak dari TPA Kebun Kita Samarinda Semester II tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah anak 15 orang. Penelitian terdiri dari 3 siklus dalam satu siklus terdiri atas 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk rata rata dan persentase peningkatan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rata rata kemampuan Berbahasa lisan pada anak melalui mendongeng, pada setiap siklus, yaitu pada siklus I hanya 54,9 % yang berkategori Mulai Berkembang dan meningkat menjadi 63.7% pada siklus II berkategori Berkembang Sesuai Harapan, siklus III menjadi 72,2.% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia 2-3 tahun di TPA Kebun kita Samarinda.
Lenny, 2020. Peningkatan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia 2-3 tahun melalui mendongeng di TPA Kebun Kita Samarinda. di bawah Bimbingan Dr. H. Budi Rahardjo,M.S Sebagai Pembimbing I dan Fachrul Rozie,S.Pd M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Mendongeng dengan menggunakan media buku cerita dan boneka tangan di TPA Kebun Kita Samarinda. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek dan objek penelitian adalah anak anak dari TPA Kebun Kita Samarinda Semester II tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah anak 15 orang. Penelitian terdiri dari 3 siklus dalam satu siklus terdiri atas 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk rata rata dan persentase peningkatan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rata rata kemampuan Berbahasa lisan pada anak melalui mendongeng, pada setiap siklus, yaitu pada siklus I hanya 54,9 % yang berkategori Mulai Berkembang dan meningkat menjadi 63.7% pada siklus II berkategori Berkembang Sesuai Harapan, siklus III menjadi 72,2.% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia 2-3 tahun di TPA Kebun kita Samarinda.
Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa Lisan, Mendongeng, usia 2-3 Tahun.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anau usia 2-3 Tahun Melalui mendongeng di TPA Kebun Kita Samarinda |
---|---|
Pengarang | LENNY - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI LEN P 2020 |
Subyek | Kemampuan Berbahasa Lisan, Mendongeng, usia 2-3 Ta |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | PAUD |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY