Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Setyaningtyas Budi Pratiwi, 2016. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini di bawah bimbingan Rury Muslifar, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Dwi Sona S.Pd., M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektivitas dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan Perilaku Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan perilaku sosial siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitiaan di SMP Negeri 10 Samarinda. Jenis data dan sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dari siswa kelas VII dan guru bimbingandan konseling. Teknik dan alat pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dan analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan yaitu, bahwa permasalahan yang membuat siswa yang masih tidak menaati peraturan sekolah, siswa cenderung berperilaku sopan dan ramah kepada teman ataupun guru yang dikenal saja, siswa masih tidak percaya diri dalam mengajukan pertanyaan kepada guru, dan tidak berani tampil di depan umum ialah kurangnya kemampuan siswa dalam beradaptasi secara sosial sehingga tidak ada kepercayaan diri siswa dalam berperilaku sosial yang positif. Permasalahan Kurangnya kemampuan siswa dalam beradaptasi secara sosial sehingga siswa tidak berperilaku sosial yang positif merupakan permasalahan kepercayaan diri, kedisiplinan serta motivasi untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku sosial siswa secara positif. Saran terhadap permasalahan ini yaitu, guru BK agar lebih memperhatikan permasalahan yang ada dan menindak lanjutinya dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Perilaku Sosial
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Setyaningtyas Budi Pratiwi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SET e 2020 |
Subyek | efektivitas, Bimbingan Kelompok, Sosiodrama |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY