Detail Cantuman Kembali
Annisa Fitri Fadhilah - Personal Name

Perbedaan Nilai Fraksi Ejeksi Ventrikel Kiri (LVEF) Pasien IMA-EST yang Telah Menjalani Terapi Reperfusi dengan Fibrinolitik dan IKPP di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

Latar Belakang. Pasien Infark Miokard akut dengan Elevasi Segmen ST (IMA-EST) perlu diberikan terapi reperfusi dengan fibrinolitik atau IKPP (Intervensi Koroner Perkutan Primer), untuk mencegah kerusakan miokard jantung yang lebih lanjut. Saat ini IKPP merupakan pilihan terapi reperfusi utama pada pasien IMA-EST, tetapi tidak semua fasilitas kesehatan memiliki fasilitas tersebut. Sehingga, fibrinolitik dapat menjadi terapi reperfusi pilihan pada pasien dengan onset nyeri dada ≤ 12 jam dan tanpa kontraindikasi. IMA-EST dapat mempengaruhi fungsi jantung, sehingga pemeriksaan Nilai LVEF (Left Ventricular Ejection Fraction) dapat digunakan untuk menilai fungsi sistolik jantung yang dapat mempengaruhi prognosis pasien IMA-EST.
Tujuan. Untuk mengetahui perbedaan nilai LVEF antara pasien IMA-EST yang menjalani terapi reperfusi dengan fibrinolitik dan IKPP di RSUD Abdul Wahab Sajahranie Samarinda.
Metode. Penelitian ini tergolong penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien IMA-EST yang telah menjalani terapi reperfusi dengan fibrinolitik dan IKPP di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda periode 2018-2019. Pengambilan sampel secara purposive sampling, dengan sumber data berasal dari rekam medis pasien. Nilai LVEF diperiksa menggunakan ekokardiografi transtorakal, dan analisis perbedaan nilai LVEF pada kelompok pasien fibrinolitik dan IKPP menggunakan uji Independent T-Test.
Hasil. Sebanyak 63 pasien menjadi sampel, terbagi menjadi 27 pasien dengan terapi reperfusi dengan fibrinolitik, dan 36 pasien dengan IKPP. Pada kelompok fibrinolitik, didapatkan rerata nilai LVEF sebesar 51,37±12,254%, dan pada kelompok IKPP didapatkan rerata nilai LVEF sebesar 56,47±11,98%. Hasil uji beda pada nilai LVEF kedua kelompok tersebut menunjukkan nilai p = 0,103 (p > 0,05).
Kesimpulan. Tidak terdapat perbedaan signifikan nilai LVEF pasien IMA-EST yang telah menjalani terapi reperfusi dengan Fibrinolitik dan IKPP.
Kata Kunci : IMA-EST, Fibrinolitik, IKPP, LVEF.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perbedaan Nilai Fraksi Ejeksi Ventrikel Kiri (LVEF) Pasien IMA-EST yang Telah Menjalani Terapi Reperfusi dengan Fibrinolitik dan IKPP di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda
Pengarang Annisa Fitri Fadhilah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANN p 2020
Subyek IMA-EST, Fibrinolitik, IKPP, LVEF
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan Kedokteran
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua