Detail Cantuman Kembali
CHANDRA WIJAYA - Personal Name

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR NUTRIFARM AG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS KEDELAI (Glycine max (L.) Merril)

ABSTRAK

CHANDRA WIJAYA. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2008. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Nutrifarm AG terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kedelai (Glycine max (L) Merril) Di bawah bimbingan Sadaruddin dan A. Syamad Ramayana

Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengetahui varietas dan kosentrasi pupuk Nutrifarm AG terhadap pertumbuhan dan hasil pada tanaman kedelai.
Penelitian dilaksanakan mulai bulan Desember 2007 sampai Maret 2008, di Kelurahan Lempake, Samarinda Utara. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Sebagai petak utama adalah varietas kedelai (V) yang terdiri dari tiga varietas yaitu: v1 (Seulawah); v2 (Ijen); dan v3 (Tanggamus). Sedangkan sebagai anak petak adalah konsentrasi pupuk Nutrifarm AG yang terdiri dari empat taraf (P), yaitu: p0 (kontrol); p1 (2 mL L-1); p2 (4 mL L-1); dan p3 (6 mL L-1).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan varietas (V) berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan kecuali tinggi tanaman umur 15 hasil setelah tanam (HST). Varietas yang terbaik adalah Tanggamus. Perlakuan pupuk Nutrifarm AG berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan kecuali tinggi tanaman umur 15 HST dan umur berbunga. Perlakuan terbaik dicapai oleh 6 mL L-1. Interaksi perlakuan varietas dan pupuk Nutrifarm AG berpengaruh tidak nyata terhadap semua variabel pengamatan kecuali hasil biji kering per hektar. Interaksi terbaik dicapai oleh v3p3.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR NUTRIFARM AG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS KEDELAI (Glycine max (L.) Merril)
Pengarang CHANDRA WIJAYA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua