Detail Cantuman Kembali
Bagus Widodo - Personal Name

Perbaikan Tanah Bekas Tambang Batubara Teraplikasi Kompos Sampah Pasar Dengan Bioaktivator Miikroorganisme Keong Mas Dan Trichoderma sp.

BAGUS WIDODO Perbaikan Kualitas Tanah Bekas Tambang Batubara Teraplikasi Kompos Sampah Pasar Dengan Bioaktivator Mikroorganisme Keong Mas dan Trichoderma sp. (Dibawah bimbingan Nurul Puspita Palupi dan Roro Kesumaningwati).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos sampah kota dengan bioaktivator MOL keong mas dan Trichoderma sp. terhadadap tanah bekas tambang batubara dan mengetahui dosis pemberian kompos sampah pasar dalam meningkatkan unsur hara dalam tanah bekas tambang batubara.

Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan terhitung mulai April 2018 hingga Juni 2018. Lokasi penelitian di Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Penelitian ini menggunakan metode perbandingan baku mutu dengan PPT Bogor 2015. Adapun perlakuan tersebut adalah P0 (kontrol tanpa perlakuan), P1(100 gr Polybag -1 ), P2(150 gr Polybag -1 ), P3(200 gr Polybag -1 ). Analisis data tanah di lakukan secara deskriptif dengan membandingkan antara hasil analisis tanah awal dengan analisis tanah akhir setelah di inkubasi. Perbandingan data analisis tanah awal dan analisis tanah akhir dibahas berdasarkan kriteria penilaian sifat kimia tanah Balai Penelitian Tanah Bogor 2005.

Penggunaan kompos sampah pasar terbaik dengan dosis 200 Mg ha1 dapat memperbaiki sifat kimia tanah bekas tambang batubara yaitu pH tanah dari 5,8 (agak masam) menjadi 7,63 (agak alkalis): C-organik dari 1,03% (rendah) menjadi 2,62 (rendah); Nitrogen dari 0,11% (rendah) menjadi 0,21% (rendah); C/N rasio dari 9,24 (rendah) menjadi 11,70 (sedang); Fosfor (P) dari 6,66 (rendah) ppm menjadi 169,92 ppm (sangat tinggi); Kalium (K) dari 35,18 ppm (sedang) menjadi 78,81 ppm (sangat tinggi).

Kata kunci : Mikroorganisme Lokal, Kompos Sampah Pasar, Tanah bekas Tambang batubara, Kimia Tanah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perbaikan Tanah Bekas Tambang Batubara Teraplikasi Kompos Sampah Pasar Dengan Bioaktivator Miikroorganisme Keong Mas Dan Trichoderma sp.
Pengarang Bagus Widodo - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI BAG p 2020
Subyek Kimia Tanah Bekas Tambang Batubara
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua