Detail Cantuman Kembali
Muhamad Fauzin - Personal Name

Karakterisasi Fenotipe Sapi Bali Jantan Terhadap Standar Nasional Indonesia di Kecamatan Samarinda Utara

MUHAMAD FAUZIN. Karakterisasi Fenotipe Sapi Bali Jantan Terhadap Standar Nasional Indonesia di Kecamatan Samarinda Utara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2020. (Dibawah bimbingan Surya Nur Rahmatullah dan Hamdi Mayulu)
Sapi Bali merupakan bangsa sapi asli Indonesia yang keberadaannya sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kalimantan Timur. Sapi Bali jantan yang ada di Kecamatan Samarinda Utara belum banyak informasi tentang standar sifat kualitatif dan kuantitatifnya. Penelitian terkait Karakterisasi Fenotip Sapi Bali Jantan di Kecamatan Samarinda Utara bertujuan untuk mengetahui keragaman fenotipe, karakteristik dan kesesuaian terhadap SNI sapi Bali jantan di Kecamatan Samarinda Utara.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 - Januari 2020 di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Penelitian menggunakan sapi Bali jantan umur ≥ 2 sampai 5 tahun yang ada di Kecamatan Samarinda Utara. Peralatan yang digunakan adalah pita ukur dengan tingkat kepekaan 0,1 cm, tongkat ukur, alat tulis, kuesioner dan kamera. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu menjadikan semua populasi sebagai sampel. Data diperoleh dari pengukuran setiap individu yang meliputi tinggi pundak, panjang badan, lingkar dada, bobot badan, bentuk tanduk, bentuk kepala dan warna tubuh.
Nilai keragaman dari tinggi gumba, panjang badan dan lingkar dada berturut-turut 5,14%; 6,55% dan 7,00%. Morfometrik sapi Bali jantan di Kecamatan Samarinda Utara yang sesuai dengan SNI (2017) yaitu tinggi pundak 5,48 %, panjang badan 13,69% dan lingkar dada 61,64%. Bentuk tanduk, kepala dan warna sesuai SNI 26,71%, 80,82%, dan 70,02%. Kesesuain sapi Bali jantan terhadap SNI di Kecamatan Samarinda sebesar 2,80%. Keragaman fenotipe yang terdapat sapi Bali jantan di kota Samarinda dipengaruhi beberapa faktor, yaitu: seleksi negatif yang terjadi secara alami, manajemen pemeliharaan (berdasarkan kemampuan peternak terkait modal dan harga pasar), dan adanya pengaruh fiksasi gen yang disebabkan faktor lingkungan sehingga keragaman genetik sapi Bali jantan di tingkat peternak semakin besar.

Kata kunci : Sapi Bali, jantan, fenotipe, keragaman, SNI

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Karakterisasi Fenotipe Sapi Bali Jantan Terhadap Standar Nasional Indonesia di Kecamatan Samarinda Utara
Pengarang Muhamad Fauzin - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH k 2020
Subyek Sapi Bali, jantan, fenotipe, keragaman, SNI
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Peternakan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua