Detail Cantuman Kembali
Jamilatul Huda - Personal Name

Identifikasi Jamur Rizosfer Pada Tanaman Pisang Kepok Yang Tumbuh Di Dataran Dan Perbukitan Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda

JAMILATUL HUDA. Identifikasi Jamur Rizosfer Pada Tanaman Pisang Kepok Yang Tumbuh Di Datar Dan Perbukitan Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2020 (Dibawah Bimbingan Ni’matuljannah Akhsan dan Surya Sila).
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi jamur rizosfer pada tanaman pisang kepok yang tumbuh di dataran dan perbukitan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 hingga Februari 2020 di Laboratorium Hama Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Penelitian ini dilakukan dengan survei pada lahan tanaman pisang kepok untuk pengumpulan informasi meliputi penentuan lokasi penelitian dan tempat pengambilan sampel tanah. Sampel diambil dengan pengeboran tanah dengan kedalaman 30 cm dengan jarak lubang dari tanaman 10 cm. Diambil 3 sampel dari masing-masing tempat, jadi jumlah sampel seluruhnya adalah 6 sampel. Kemudian dimasukan ke dalam kantong plastik klip dan diberi label.
Hasil penelitian jamur rizosfer tanaman pisang kepok yang tumbuh di dataran dan perbukitan diperoleh 8 jenis jamur. Pada tanaman pisang kepok yang tumbuh di dataran memiliki jumlah rata-rata 30 x 103 populasi dan memperoleh jamur Trichoderma sp., Rhizopus sp., Beauveria sp., Penicillium sp. dan Aspergillus sp. Sedangkan pada tanaman pisang kepok yang tumbuh di perbukitan memiliki jumlah rata-rata 23,6 x 103 populasi dan memperoleh jamur Pythium sp., Trichoderma sp., Colletotrichum sp. dan Fusarium sp.

Kata Kunci : identifikasi, diversitas jamur, tanaman pisang kepok, populasi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identifikasi Jamur Rizosfer Pada Tanaman Pisang Kepok Yang Tumbuh Di Dataran Dan Perbukitan Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda
Pengarang Jamilatul Huda - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JAM i 2020
Subyek identifikasi, diversitas jamur, tanaman pisang kep
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua