PENGARUH MEDIA BROKEN TRIANGLE DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON SMA NEGERI 13 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Broken Triangle dalam model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pokok bahasan hidrokarbon terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 13 Samarinda. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dua kelas yang diberikan perlakuan adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Kelas XI IPA 1 hanya menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sedangkan kelas XI IPA 2 menggunakan media Broken Triangle dalam model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar, berupa nilai posttest dan ulangan harian. Data yang diperoleh diolah dengan uji statistik menggunakan uji F dan uji t. Hasil belajar kelas XI IPA 1 yang hanya menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan rata-rata nilai adalah 70,76, lebih rendah dari hasil belajar kelas XI IPA 2 yang menggunakan media Broken Triangle dalam model pembelajaran Think Talk Write dengan rata-rata nilai 77,97. Maka terdapat pengaruh media Broken Triangle dalam model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan hidrokarbon. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media Broken Triangle dalam model pembelajaran Think Talk Write (TTW) memberikan perbedaan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi hidrokarbon.
Kata Kunci: kooperatif, Think Talk Write (TTW), hasil belajar,hidrokarbon, Broken Triangle.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA BROKEN TRIANGLE DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON SMA NEGERI 13 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | YUNIA ISMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUN p 2020 |
Subyek | kooperatif, think talk write (TTW), hasil belajar, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY