Detail Cantuman Kembali
Intan Nurfatimah - Personal Name

Hubungan Layanan Orientasi Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara layanan orientasi dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda yang berjumlah 310 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 155 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yang terdiri dari dua variabel yaitu layanan orientasi sebagai variabel bebas dan penyesuaian diri sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai teknik pengumpul data utama dan teknik dokumentasi sebagai pengumpul data pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif yaitu interval dan persentase, dan statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus Correlation Product Moment.
Hasil uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas yang dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov diketahui bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,156 > 0,05 maka ha diterima dengan hipotesis yang menyatakan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai Between Groups Sig. adalah 0,70 > 0,50 maka ha diterima dengan hipotesis yang menyatakan bahwa data tersebut homogen. Kemudian hasil uji linearitas diperoleh nilai Deviation from Linearity Sig. adalah 0,161 > 0,05 yang berarti ha diterima dengan hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan yang linear di antara kedua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung sebesar 0,216 > rtabel 0,156 maka ha diterima dengan hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara layanan orientasi dengan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara layanan orientasi dengan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2017/2018 dengan nilai koefisien korelasi yang menunjukkan bahwa di antara kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan layanan orientasi yang efektif akan meningkatkan pemahaman siswa dalam membentuk perilaku yang baik sehingga dapat melakukan penyesuaian diri yang baik pula.
Kata kunci : Layanan orientasi, Penyesuaian diri.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Layanan Orientasi Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018
Pengarang Intan Nurfatimah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI INT h 2020
Subyek Layanan Orientasi, Penyesuaian Diri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua