Detail Cantuman Kembali
Ulfami Alya Rukmana - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas V SDN 009 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui media benda konkret pada siswa kelas V SDN 009 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui media benda konkret pada siswa kelas V SDN 009 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VSDN 009 Samarinda Ulu yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui media benda konkret. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi awal adalah 55,56 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 44,44%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 7,25% dari nilai dasar pada pra siklus dengan nilai rata-rata kelas 59,58 dengan persentase ketuntasan 50% predikat rendah. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,37% dari nilai dasar pada pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 66,31 dengan persentase ketuntasan 66,67% predikat sedang. Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 37,87% dari nilai dasar pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 76,59 dengan persentase ketuntasan 83,33% predikat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang sederhana melalui media benda konkret pada siswa kelas V SDN 009 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020 mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana, Media Benda Konkret.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Pengarang Ulfami Alya Rukmana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ULF p 2020
Subyek Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Sifat-Sifat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua