Detail Cantuman Kembali
JUMIATI - Personal Name

Evaluasi Pengawasan Bawaslu Provinsi Pada Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018

ABSTRAK
Jumiati, Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, Juni 2020, Evaluasi Pengawasan Bawaslu Provinsi Pada Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018, Ketua Komisi Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si, dan Anggota Komisi Pembimbing: Dr. Anwar Alaydrus, MM
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis hasil evaluasi pengawasan serta factor penghambat pada pemilihan Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif agar mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang Evaluasi Pengawasan Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur oleh Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur. Data yang didapatkan dan diperolah melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis interaktif melalui tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pengawasan Bawaslu Provinsi pada pemilihan Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018, yang dilakukan mulai tahapan pemutakhiran daftar pemilih, pengawasan kampanye, pelaksanaan penyelenggaraan Pilgub, serta tindaklanjut temuan dan laporan sudah sesuai dengan tugas dan fungsi Bawaslu Kaltim. Adapun faktor penghambat masih terdapat masyarakat yang tidak melaporkan dugaan pelanggaran, keterbatasan sumberdaya manusia serta kewenangan Bawaslu masih terbentur pada peraturan dan perundang-undangan. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan saran Bawaslu Kalimantan Timur sebagai berikut ; Bawaslu Kalimantan Timur harus lebih intensif melakukan sosialisasi yang melibatkan banyak unsur, kewenangan Bawaslu Kalimantan Timur dalam menindaklanjuti pelanggaran Aparatur Sipil Negara (ASN) harus diperkuat dalam peraturan dan pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih yang belum dilakukan pencocokan dan penelitian. Bawaslu dan KPU harus bersinergi dalam melakukan sinkronisasi terhadap daftar pemilih.
Kata Kunci : Evaluasi Pengawasan, Bawaslu Provinsi, Pemilihan Gubernur

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Evaluasi Pengawasan Bawaslu Provinsi Pada Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018
Pengarang JUMIATI - Personal Name
No. Panggil TESIS JUM e 2020
Subyek Evaluasi Pengawasan, Bawaslu Provinsi, Pemilihan G
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan ILMU ADMINISTRASI NEGARA - S2
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua