VISUALISASI 3D AR SEBARAN SUMBER DAYA ALAM BAHAN TAMBANG MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan aplikasi pembelajaran yang interaktif dan mudah dipahami lewat Media Aplikasi. Penelitian tersebut dapat dicapai melalui penggabungan teknologi Augmented Reality (AR) menambahkan objek virtual kedalam lingkungan nyata yang berbasis mobile Android. Untuk membangun aplikasi Augmented Reality berbasis Android digunakan game engine Unity3D dan menggunakan tools Vuforia SDK dan Sketchup. Metode AR yang digunakan adalah Marker Based Tracking dikarenakan metode ini tidak memerlukan spesifikasi dan performa yang tinggi dari perangkat Android milik pengguna.
Hasil pengujian pada perangkat android menunjukan aplikasi yang dibuat dapat berjalan lancar dan cocok digunakan pada versi Android 6.0.
Kata Kunci: Augmented Reality, Unity, Vuforia, Android, Marker Based Tracking.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | VISUALISASI 3D AR SEBARAN SUMBER DAYA ALAM BAHAN TAMBANG MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID |
---|---|
Pengarang | Andriawan Niswar - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND v 2020 |
Subyek | Augmented Reality, Unity, Vuforia, Android, Marker |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | teknik informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY