Detail Cantuman Kembali
Aprin Tri Setyowati - Personal Name

Kepentingan Rusia Memilih Cina dalam Kerjasama Perdagangan Gas Alam di Arktik

Aprin Tri Setyowati, 1402045022, dengan skripsi berjudul “Kepentingan Rusia Memilih Cina dalam Kerjasama Perdagangan Gas Alam di Arktik”, Di bawah bimbingan Ibu Yuniarti, S.IP, M.Si dan Ibu Enny Fathurachmi, S.IP, M.Si Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Kawasan Arktik menyimpan banyak potensi sumber daya alam, salah satunya adalah gas alam. Kondisi ini menyebabkan sejumlah negara memfokuskan kepentingan energinya ke kawasan tersebut. Termasuk Rusia yang melakukan kerjasama dengan Cina dalam mengeksplorasi Arktik untuk melakukan perdagangan gas alam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan alasan mengapa Rusia memilih Cina dalam kerjasama perdagangan gas alam di Arktik. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Eksplanatif dengan sumber data yang diperoleh dari buku, jurnal, website,laporan dan berita yang valid. Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep Keamanan Energi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kepentingan Rusia memilih Cina dibagi menjadi kepentingan ekonomi dan kepentingan politik. Adapun kepentingan ekonomi berupa jaminan akses pasar energi asing melalui kerjasama dengan Cina untuk memenuhi kebutuhan gas alam Cina yang tinggi. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan pendapatan Rusia yang sempat menurun dan meningkatkan investasi Rusia ke dalam framework kerjasama perdagangan gas alam di Arktik. Adapun kepentingan politik berupa meningkatkan peran dan intensitas Rusia di kawasan Arktik dengan menguasai bidang ketersediaan energi melalui kepemilikan sumber energi baru dan membuat regulasi Rute Laut Utara. Selain itu, keberadaan Rusia dengan Cina di Arktik merupakan sarana penyeimbang hegemoni Amerika Serikat di Arktik.
Kata Kunci: Rusia, Cina, Gas Alam, Keamanan Energi, Arktik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kepentingan Rusia Memilih Cina dalam Kerjasama Perdagangan Gas Alam di Arktik
Pengarang Aprin Tri Setyowati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI APR k 2018
Subyek Kepentingan, Rusia, Cina, Gas Alam, Arktik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan Hubungan Internasional
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua